Mudahnya Migrasi Langganan PLN dari Pascabayar ke Prabayar

Semangat kampanye menggunakan listrik pintar atau meteran listrik token dengan sebutan ‘listrik pintar’ yang resmi dikeluarkan oleh PLN sejak tahun 2006 yang lalu masih terasa hingga saat ini.

 PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuka layanan proses migrasi bagi pelanggan listrik pascabayar yang hendak beralih menggunakan listrik pintar berbasis isi ulang atau menggunakan token kWh.



Untuk dapat melakukan proses migrasi tersebut maka pelanggan listrik prabayar cukup mendatangi kantor pelayanan PLN setempat atau rayon terdekat dengan membawa:

     KTP atau bukti identitas yang mengajukan;

     Surat kuasa apabila identitas dari yang mengajukan berbeda dengan data yang dimiliki PLN;

     Membawa bukti pembayaran terakhir sebagai pelengkap data;

     Bersedia melunasi sisa tagihan atau kWh berjalan hingga saat instalasi meteran prabayar;

     Bersedia mengisi token perdana senilai Rp. 20.000,- sebagai saldo kWh awal.

 

Setelah melakukan dan melengkapi proses administrasi yang dibutuhkan oleh pihak PLN, maka langkah selanjutnya tinggal menunggu jadwal pemasangan atau penggantian kWh meter yang biasanya langsung bisa dikerjakan (tergantung pada jadwal di rayon setempat).

 

Bagi yang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi kantor pelayanan PLN atau rayon terdekat karena memang hanya dibuka pada hari kerja saja. PLN juga menyediakan cara alternatif untuk mempermudah migrasi pascabayar ke prabayar melalui aplikasi PLN Mobile.

 

PLN juga menyediakan pelayanan migrasi melalui portal https://portal.pln.co.id yang bisa diakses melalui browser favorite pelanggan. Pengajuan migrasi yang dilakukan melalui PLN Mobile maupun portal website resmi PLN juga membutuhkan kelengkapan data yang sama.

 

Untuk itu PLN menganjurkan untuk mempersiapkan kelengkapan administrasi yang diperlukan sebagai syarat mudahnya migrasi dari pascabayar ke prabayar agar pada saat validasi data tidak mengalami kesalahan dan penundaan.

 

Pelanggan yang melakukan migrasi dari listrik pascabayar ke listrik pintar prabayar ini tentunya tidak lagi kebingungan dengan tagihan listrik yang membengkak, sebab pengeluaran listrik dapat lebih mudah terpantau.

 

Melalui meteran listrik prabayar bisa diketahui perkiraan sisa jam, penggunaan kWh bulan lalu hingga bulan ke-4 dan juga bisa mengetahui pemakaian yang sedang berjalan.

Posting Komentar untuk "Mudahnya Migrasi Langganan PLN dari Pascabayar ke Prabayar"