Meteran Listrik Bunyi_Jangan Langsung Panik

Pernah dengar meter listrik tetangga berbunyi? Sebaiknya jangan langsung panik, sebab bunyi yang dihasilkan oleh meteran listrik prabayar itu adalah sebagai pemberi tanda dari masalah sederhana hingga masalah yang besar.


Berikut ini dua penyebab utama alasan meteran listrik prabayar dilengkapi dengan bunyi atau alarm yang secara standar atau default dalam keadaan ‘on’ (aktif).

Batas Limit Saldo kWh

Salah satu penyebab bunyi dari meteran listrik prabayar adalah token atau saldo kWh sudah mencapai titik batas yang ditentukan. Pengguna listrik pintar atau meteran prabayar bisa  mengatur batas alarm dengan cara:

     Pada meteran listrik Hexing: ‘612’ kemudian ‘accept’.

     Pada meteran listrik ITRON: tekan ‘456’ kemudian masukan batas alarm, misal ‘45630‘ kemudian ‘enter’ (akan membunyikan alarm pada saat kWh 30.

     Pada meteran listrik GLOMET: tekan ‘79’ kemudian dilanjutkan dengan menekan tanda panah ‘enter

     Pada meteran listrik STAR: tekan angka ’12’ kemudian ‘enter

Terjadi Kerusakan Atau Meteran Gagal

Pada beberapa produk yang saat ini digunakan secara resmi oleh PLN seperti Hexing & ITRON telah dilengkapi dengan prosedur auto-reboot atau otomatis merestart system secara otomatis apabila terjadi kejanggalan.

Namun apabila dalam proses restart masih gagal, maka meteran listrik pintar milik PLN ini akan mengeluarkan alarm untuk memberitahukan telah terjadi kerusakan atau kejanggalan pada sistem, bila benar maka sebaiknya segera hubungi call center PLN di 123 agar dapat segera dilakukan pemeriksaan.

Fungsi dari suara alarm yang memang terkadang cukup mengganggu tersebut, dirasakan sangat besar manfaatnya untuk mencegah terjadinya musibah besar akibat kerusakan alat atau instalasi termasuk padamnya listrik dirumah akibat terlambat mengisi token kWh.

Ketika meteran listrik bunyi, jangan langsung panik! Sempatkan segera untuk memeriksa keterangan yang dapat dilihat pada layar LED meteran, bisa saja alarm tersebut menandakan kerusakan yang fatal atau justru hanya sekedar mengingatkan pelanggan setia PLN untuk segera mengisi kembali token kWh meteran listriknya. Mungkin ini juga sebabnya inovasi dari PLN ini sejak dari awal diberikan nama `listrik pintar`.

Posting Komentar untuk "Meteran Listrik Bunyi_Jangan Langsung Panik"